d4rk_wizard'07 FreeStyle

Let's ngeGo-Blog. . . GoBLOG ;)

Sistem Peredaran Darah Manusia
Tahun : 1628
Penemuan bagaimana arteri, vena, hati dan paru-paru berfungsi dalam satu sirkulasi
Penemu : William Harvey



Alasan Merupakan Penemuan Terbesar
Sistem sirkulasi darah manusia bisa dikatakan mewakili kehidupan. Tidak ada sistem lain yang lebih penting bagi manusia. Namun, 400 tahun yang lalu, tidak ada seorangpun yang mengetahui sistem sirkulasi kita. Banyak yang berpikir bahwa degupan kencang di dada kita itu hanyalah suara hati nurani yang minta didengar. Kebanyakan berpikir bahwa darah diciptakan di hati dan dikonsumsi oleh otot. Kebanyakan berpikir bahwa arteri diisi dengan udara.

William Harvey menemukan bahwa fungsi sesungguhnya dari elemen-elemen utama sistem sirkulasi (jantung, paru-paru, arteri, vena) dan menciptakan sebuah gambar yang lengkap dan akurat mengenai sirkulasi darah manusia. Harvey juga merupakan orang pertama yang menggunakan metode ilmiah untuk pembelajaran biologi. Semua ilmuwan mengikuti langkahnya. Buku Harvey tahun 1628 merupakan awal dari fisiologi modern.

Bagaimana Caranya Ditemukan?
Sampai abad ke 16, dokter percaya tulisan Galen yang telah berusia 1500 tahun, yang mengatakan makanan diubah menjadi darah di hati dan dikonsumsi tubuh sebagai bahan bakar. Kebanyakan sepakat bahwa darah yang mengalir dari pembuluh arteri tidak ada hubungan dengan darah yang mengalir melalui pembuluh vena.

William Harvey dilahirkan tahun 1578 di Inggris dan mendapat pelatihan medis di Oxford. Dia diundang untuk belajar di Universitas Padua, Italia, merupakan universitas yang terkenal di bidang kedokterannya.

Ketika Harvey kembali ke Inggris pada tahun 1602, dia menikah dengan putri dokter Ratu Elizabeth, diangkat sebagai dokter untuk keluarga bangsawan Raja James I dan diangkat sebagai dokter pribadi bagi Raja Charles I pada tahun 1618.

Ketika melayani raja-raja Inggris, Harvey menfokuskan studinya mengenai pembuluh vena dan arteri. Dia melakukan berbagai eksperimen pada hewan dan mayat manusia. Ketika melakukan pembedahan ini, dia menemukan serangkaian katup yang terdapat di sepanjang pembuluh Vena. Dia bukan orang pertama yang menemukan katup-katup ini, tetapi dia adalah orang pertama yang mencatat bahwa katup-katup ini selalu mengarahkan aliran darah ke jantung. Darah mengalir di dalam pembunuh vena hanya dari lengan, kaki, kepala dan kembali ke jantung.

Dia mulai melakukan serangkaian percobaan dimana dia mengikat sebuah pembuluh arteri atau vena untuk melihat apa yang terjadi. Kadang-kadang dia menjepit pembuluh arteri dan kemudian melepaskannya untuk melihat darah mendesak ke arah mana. Dia melakukan hal yang sama pada pembuluh vena, menjepit sebuah pembuluh vena dan melepaskannya. Kadang-kadang dia menjepit pembuluh vena dan arteri kemudian melepaskannya satu per satu. Eksperimen ini membuktikan bahwa pembuluh arteri dan vena terhubung dalam satu sistem sirkulasi dan aliran darah selalu mengalir dari arteri ke vena.

Kemudian Harvey mengalih ke jantung dan segera menyadari bahwa jantung berfungsi sebagai otot dan memompa darah keluar ke paru-paru dan keluar ke pembuluh arteri. Mengikuti aliran darah yang melalui berbagai hewan, Harvey sadar bahwa darah tidak dikonsumsi, tetapi bersirkulasi terus menerus melalui sistem, membawa udara dan nutrisi ke tubuh.

Tahun 1625, Harvey telah berhasil menemukan hampir seluruh sistem sirkulasi. Tetapi dia menemukan 2 masalah. Pertama, dia tidak mengerti bagaimana darah bisa menyeberang dari arteri menuju ke vena, walaupun eksperimennya membuktikan bahwa memang terjadi demikian(Harvey tidak memiliki mikroskop jadi tidak dapat melihat pembuluh darah sekecil kapilari. Tahun 1670, 3 tahun setelah meninggalnya Harvey- Orang Italia bernama Marcello Malpighi menemukan kapilari dengan mikroskop sehingga menyempurnakan penemuan Harvey)

Masalah kedua adalah Harvey takut dengan reaksi massa, Gereja menjatuhkan hukuman ketika dia mengatakan jantung sebagai pompa otot dan bukan sebagai rumah bagi jiwa dan hati nurani serta kitab. Dia takut kehilangan pekerjaannya dengan raja. Pada tahun 1628 Harvey menemukan penerbit kecil dari Jerman. Akhirnya buku tipis, 72 halaman yang merangkum hasil kerjanya dan penemuannya. Dia mempublikasi dalam bahasa Latin(bahasa ilmiah), berharap tidak seorangpun di Inggris membacanya.

Berita mengenai Harvey mencapai selurh Eropa dan membuat dia dalam sekejap terkenal. Dia kehilangan banyak sekali pasien karena terkejut dengan klaimnya. Tetapi hasil Harvey adalah akurat dan teliti. Pada tahun 1650 buku Harvey akhirnya menjadi buku teks yang diterima mengenai sistem sirkulasi darah.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Jumlah Pengunjung

About this blog

Blog yang isinya macem-macem
Mulai dari Kehidupan gw yang gaq penting sampai isinya juga gaq penting, hehehe