d4rk_wizard'07 FreeStyle

Let's ngeGo-Blog. . . GoBLOG ;)

Anatomi Manusia
Tahun Penemuan 1543
Apa itu ? Anatomi manusia akurat yang paling pertama
Penemu? Andreas Vesalius



Alasan Menjadi Salah satu Penemuan Terbesar
Anatomi manusia yang digunakan sebagai referensi dokter sampai tahun 1500 M itu sebetulnya berdasarkan studi atas binatang, mitod dan kesalahan daripada kebenaran. Andreas Vesalius adalah orang yang pertama bersikeras untuk melakukan pembedahan untuk membuat anatomi. Oleh karenanya anatomi buatanya merupakan anatomi manusia pertama yang paling akurat

Hasil kerja Versalius menghancurkan kepercayaan selama 1500 tahun yang pertama kali dilakukan oleh Galen, dari Yunani, dan menjadi titik awal perkembangan kedokteran.

Bagaimana Caranya Ditemukan
Andreas Vesalius dilahirkan di Brussels di 1515. Ayahnya dokter di lingkungan kerajaan. Vesalius muda ini sangat tertarik pada makhluk hidup. Dia sering membedah binatang kecil ataupun serangga.

Ketika berumur 15 tahun Vesalius pergi ke Paris untuk belajar obat-obatan. Pada masa itu pembedahan fisik terhadap tubuh hewan ataupun manusia bahkan dalam dunia kedokteran bukanlah sesuatu yang lazim. Jika pembedahan harus dilakukan, profesor yang mengajar sedangkan tukang cukur yang melakukan pembedahan. Anatomi diajarkan berdasarkan teks yang ditulis dokter Yunani, Galen pada tahun 50SM.

Vesalius dengan cepat dikenal sebagai seorang yang brilian tetapi arogan dan suka berdebat. Ketika pada pertemuan perbedahan kedua yang dia hadiri, dia langsung merebut pisau dari tukang cukur dan mendemonstrasikan kemampuam pembedahannya dan pengetahuannya mengenai anatomi yang membuat semua hadirin terkagum-kagum.

Sebagai mahasiswa kedokteran, Vesalius menjadi pemimping geng, mengajak beberapa mahasiswa untuk menggeledah kuburan di Paris untuk mendapatkan tulang dan tubuh untuk dipelajari. Vesalius sering berhadapan dengan anjing galak dan bau busuk yang mengerikan di bukit Monfaucon (dimana tempat para mayat kriminal yang dibuang setelah dieksekusi) hanya untuk mendapatkan tubuh yang masih segar untuk dipelajari.

Tahun 1537 Vesalius tamat dan bergerak ke Universitas Padua di Italia, dimana dia memulai mengajari umumnya mengenai pembedahan dan eksperimen jaringan. Para mahasiswa dan profesor selalu berebutan menghadiri kelasnya, tertarik dengan kemampuannya dan penemuan barunya mengenai otot, arteri, syaraf, pembuluh darah nadi dan bahkan struktur otak manusia.

Vesalius akhirnya menyelesaikan buku mengenai anatomi dan mempublikasinya pada tahun 1543. Namun para profesor kedokteran yang umumnya percaya Galen ketika menerima buku Vesalius menyatakan skeptis dan ragu-ragu. Vesalius marah sehingga membakar seluruh catatan dan studinya dan bersumpah tidak akan memotong jaringan manusia lagi. Untungnya, buku yang dia publikasi terselamatkan dan menjadi buku teks standar anatomi manusia untuk 300 tahun berikutnya.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Jumlah Pengunjung

About this blog

Blog yang isinya macem-macem
Mulai dari Kehidupan gw yang gaq penting sampai isinya juga gaq penting, hehehe